D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
KELOMPOK 10
1. MARDIAH AQIDAH ISLAMIAH 06081381520046
2. SHELY MAULINDA 06081381520027
3. YULIANA NOVITA SARI 06081381520037
DOSEN PENGASUH : PROF.DR.ZULKARDI,M.I.KOMP
WENI,S.PD,M.SC
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT , yang telah melimpahkan berbagai nikmat-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Shalawat serta salam
juga tak lupa penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW , yang telah
membawa umat manusia keluar dari zaman jahiliyah .
Makalah
ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Media PBM dan TIK .Jadi tujuan utama pembuatan karya ilmiah ini
adalah memenuhi tugas makalah dari hasil presentasi dari mata kuliah Media PBM dan
TIK .Namun penulis juga berharap , makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja
yang membacanya , sehingga diharapkan pengetahuan mengenai alat peraga
matematika selalu berkembang dan lebih inovatif .
Ucapan
terima kasih yang setulus-tulusnya tidak lupa penulis sampaikan kepada orang
tua penulis, dosen mata kuliah PBM dan TIK , teman-teman , seluruh civitas
akademika Unsri , dan juga semua pihak yang telah membantu penulis
menyelesaikan makalah ini , yang tidak mungkin penulis sebutkan satu per satu namanya
.
Seperti
kata pepatah , “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”, makalah ini juga masih sangat
jauh dari sempurna . Oleh karena itu , kritik dan saran sangat penulis harapkan
agar dapat memacu penulis untuk membuat tulisan yang jauh lebih baik pada tulisan-tulisan
yang akan dating .Semoga pembaca dapat menikmati dan mengambil hikmah dari
makalah ini . Selamat membaca .
Palembang
, Januari 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
Matematika
merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang merupakan sumber dari segala
ilmu pengetahuan terapan.Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio
atau penalaran , bukan menekankan hasil eksperimen atau hasil observasi
matematika terbentuk karena pikiran-pikiran manusia , yang berhubungan dengan idea
, proses , dan penalaran .
Seiring berkembangnya zaman ,
pemerintah Indonesia khususnya yang bergerak di bidang pendidikan mengembangan
suatu system atau cara belajar yang baru yang diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan siswa sehingga bisa menjadi lulusan yang mampu bersaing di dalam
maupun luar negeri .
Dengan kebijakan atau peraturan
yang diberlakukan oleh kementrian pendidikan nasional maka sudah jadi kewajiban
kita sebagai calon guru khususnya bidang studi pendidikan matematika untuk
menjalankan amanah dari kebijakan yang diberlalukan tersebut .
Karenanya kreatifitas harus
dimiliki seorang calon guru .Misalnya membuat metode belajar yang baru atau
bisa menarik perhatian siswanya .
Seperti halnya pada makalah ini
kami telah membuat sebuah alat peraga yang kami beri judul “MONIKA” atau
Monopoli Matematika .Dimana materi yang kami angkat adalah tentang bangun datar
meliputi lingkaran , persegi ,persegi panjang , jajar genjang dan trapesium .
Alasan kami mengangkat tema ini ,karena menurut kami alat
peraga yang berbentuk monopoli akan menarik minat siswa belajar , serta
mengukur kemampuan siswa(me-review kembali ) apakah dia telah mampu memahami
materi bangun datar dan lingkaran .
1
BAB II
ISI
A.PEMBUATAN ALAT PERAGA
1. Alat Dan Bahan
Dalam
pembuatan alat peraga MONIKA dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :
a.
Alat
1.
Curter
2.
Gunting
3.
Penggaris
b.
Bahan
1.
Karton Padi
2.
Karton Putih
3.
Kertas warna
atau origami
4.
Double tip
5.
Lem kertas
6.
Dadu
7.
Uang mainan
8.
Gabus
2. Langkah
1. Membuat desain gambar sesuai rencana .( 16 kotak
dengan sisi sama panjang
Masing-masing 8 cm )
2
2.
Memotong karton padi sesuai ukuran yang diinginkan
3.
Memotong kertas warna menjadi bentuk persegi dengan panjang sisi 8 cm
4.
Menempelkan setiap kertas warna di atas karton padi yang sudah digunting.
Karna di dalam monopoli terdapat kartu
kesempatan dan dana umum maka
Aturan penggunaan kertas warnanya tidak
sembarangan .Misal kartu
Kesempatan berwarna merah dan kartu dana umum
berwarna hijau dan
Kotak
yang lain berisi soal-soal terkait bangun datar serta elemen-elemen lain
misalnya saja Start , Free Parking ,Go To Jail
yang diletakkan di setiap sudut
Bagian monooli matematika
4.
Memotong gabus
sama bentuknya dengan MONIKA pada karton padi
5.
Menempelkan
MONIKA yang telah jadi tadi di atas gabus dengan menggunakan lem kertas
6.
Memasang list
pada setiap kotak .List yang dimaksud adalah pertanyaan serta hadiah yang
didapat jika mampu menjawab soal yang tertera pada monika
7.
Finishing ,
yaitu mengecek kembali apakah monika sudah dapat digunakan atau tidak ,serta
penyempurnaan MONIKA
3
c.
Cara
Penggunaan Alat Peraga
Aturan Permainan
1.
Sebelum
bermain ,setiap anggota mendapat uang dari pihak Bank dengan rincian sebagai
berikut :
Rp
100.000 @1 lembar
Rp
50.000 @ 2 lembar
Rp
20.000 @ 5 lembar
Rp
10.000 @ 5 lembar
2.
Permainan
dimulai dengan melemparkan dadu .Apabila seorang pemain memperoleh angka dadu
tertinggi dari lawannya maka ia berhak memulai permainan duluan.
3.
Setiap
pemain wajib mengelilingi satu kali putaran penuh setelah itu baru bisa
menjawab soal yang ditanyakan
4.
Pemain
harus menjawab pertanyaan tiap kali Pion mendarat di salah satu kolom.Jika
pemain bisa menjawab pertanyaan dari Banker , maka pemain berhak membeli atau
tidak kolom tersebut.
5.
Jika
pemain berhenti di kolom milik pemain lain , maka permainan tersebut mendapat
pertanyaan dari pemilik tanah .Bila pemain bisa menjawab pertanyaan maka ia
berhak melempar dadu .Namun , apabila ia tidak dapat menjawab maka ia harus
membayar sewa tanah secar utuh.
6.
Bagi
para pemain yang berhenti pada wilayah penjara, harus membayar denda sebesar RP
50.000
7.
Jika
pemain berhenti di kolom kesempatan atau dana umum , pemain wajib mengambil
satu buah kartu yang telah tersedia
8.
Permainan
akan selesai apabila hanya tersisa satu orang pemain atau pemain yang mempunyai
banyak harta.
4
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
:
Dari alat peraga yang kami buat yaitu
monopoli matematika memberidampak positif karena banyak sekali manfaat yang
bisa diambil .
Secara teoritis , monopoli
matematika ini menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman
siswa pada materi bangun datar dan lingkaran melalui permainan
Secara praktis manfaatnya dapat
memperdalam pemahaman siswa dalam materi bangun dan lingkaran dengan
memperbanyak soal ,mempermudah dan
menarik minat siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika khususnya materi
bangun datar dan lingkaran.
Tak ada gading yang tak retak dan
tidak ada manusia yang sempurna seperti
halnya pada pembuatan makalah ini , masih banyak sekali kekurangan .Oleh
karenanya kritik dan sarang yang membangun sangat membantu kami untuk lebih
baik dan lebih kreatif lagi .
Semoga
bermanfaat ….
5
LAMPIRAN
Jumat, 21 Januari 2016
Berikut
adalah dokumentasi yang berisikan foto ,komentar , kritik
ataupun saran yang membangun saat
diadakan bazaar alat peraga pada
masing-masing kelompok :
1.
Dhiah
Masyitoh
Menurut
Dhiah Masyitoh , alat peraga yang kami buat keren , bisa memacu semangat siswa
, melatih otak cepat berhitung dan sarannya agar kami lebih memperbanyak
soal-soal seperti soal problem solving atau bertingkat ada soal yang mudah
sedang dan susah
2.
Kori
Auga Islamirta
Menurut
Kori , alat peraga yang kami buat unik , keren karena melatih ingatan siswa
untuk mampu menyelesaikan soal-soal matematika .Sarannya yaitu lebih kreatif
lagi dalam pembuatan soal sehingga siswa tertantang untuk menjawab soal.
3.
Wahyu
Adi Negara , Feralia ,Shera Anisa
Menurut
mereka kami kreatif dalam mengembangkan ide dengan menuangkannya dalam bentuk
monopoli .Ternyata monopoli bukan hanya
permaianan biasa semata tapi bisa dikaitkan dengan pelajaran matematika
.Sarannya yaitu menambahkan gambar di
setiap kolom akan lebih terlihat menarik
4.
Reno
Sutriono
Menurut
Reno , ide yang kami gunakan sudah bagus dan banyak dampak positifnya selain
seru juga tidak membosankan dengan memberi latihan dengan menuangkannya dalam
bentuk permaianan
Sarannya, lebih banyak
lagi membuat soal-soal atau daftar pertanyaan
5.
Deri
Ayu Pramesti
Menurutnya
, alat peraga yang kami buat kreatif , keren , tidak membosankan siswa karena
latihan yang diujikan dalam bentuk permainan .Sarannya yaitu lebih banyak lagi
memuat soal-soal yang lebih bervariatif
6.
Hanifah
dan Nadya Putri
Menurut
mereka , kami sudah kreatif membuat alat peraga yang dituangkan dalam bentuk
monopoli .Banyak manfaat yang bisa diambil dan mengurangi tingkat kemalasan
seorang siswa untuk berpikir .Sarannya yaitu hadiah yang ada pada suatu kolom
pertanyaan lebih
menarik
jika direalisasikan dalam bentuk nyata misalnya permen atau cokelat
0 komentar:
Posting Komentar