Selasa, 12 April 2016

TUGAS PBM DAN TIK 
MONIKA
MONOPOLI MATEMATIKA
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
KELOMPOK 10
1.    MARDIAH AQIDAH ISLAMIAH       06081381520046
2.    SHELY MAULINDA                             06081381520027
3.    YULIANA NOVITA SARI          06081381520037

DOSEN PENGASUH : PROF.DR.ZULKARDI,M.I.KOMP
                                          WENI,S.PD,M.SC


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT , yang telah melimpahkan berbagai nikmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Shalawat serta salam juga tak lupa penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW , yang telah membawa umat manusia keluar dari zaman jahiliyah .
            Makalah ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Media PBM dan TIK .Jadi  tujuan utama pembuatan karya ilmiah ini adalah memenuhi tugas makalah dari hasil presentasi dari mata kuliah Media PBM dan TIK .Namun penulis juga berharap , makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya , sehingga diharapkan pengetahuan mengenai alat peraga matematika selalu berkembang dan lebih inovatif .
            Ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya tidak lupa penulis sampaikan kepada orang tua penulis, dosen mata kuliah PBM dan TIK , teman-teman , seluruh civitas akademika Unsri , dan juga semua pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan makalah ini , yang tidak mungkin penulis sebutkan satu per satu namanya .
            Seperti kata pepatah , “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”, makalah ini juga masih sangat jauh dari sempurna . Oleh karena itu , kritik dan saran sangat penulis harapkan agar dapat memacu penulis untuk membuat tulisan yang jauh lebih baik pada tulisan-tulisan yang akan dating .Semoga pembaca dapat menikmati dan mengambil hikmah dari makalah ini . Selamat membaca .
                                                                                               
Palembang ,    Januari 2016


Penulis







BAB I
PENDAHULUAN
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang merupakan sumber dari segala ilmu pengetahuan terapan.Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio atau penalaran , bukan menekankan hasil eksperimen atau hasil observasi matematika terbentuk karena pikiran-pikiran manusia , yang berhubungan dengan idea , proses , dan penalaran .
              Seiring berkembangnya zaman , pemerintah Indonesia khususnya yang bergerak di bidang pendidikan mengembangan suatu system atau cara belajar yang baru yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa sehingga bisa menjadi lulusan yang mampu bersaing di dalam maupun luar negeri .
              Dengan kebijakan atau peraturan yang diberlakukan oleh kementrian pendidikan nasional maka sudah jadi kewajiban kita sebagai calon guru khususnya bidang studi pendidikan matematika untuk menjalankan amanah dari kebijakan yang diberlalukan tersebut .
              Karenanya kreatifitas harus dimiliki seorang calon guru .Misalnya membuat metode belajar yang baru atau bisa menarik perhatian siswanya .
              Seperti halnya pada makalah ini kami telah membuat sebuah alat peraga yang kami beri judul “MONIKA” atau Monopoli Matematika .Dimana materi yang kami angkat adalah tentang bangun datar meliputi lingkaran , persegi ,persegi panjang , jajar genjang dan trapesium .
              Alasan kami  mengangkat tema ini ,karena menurut kami alat peraga yang berbentuk monopoli akan menarik minat siswa belajar , serta mengukur kemampuan siswa(me-review kembali ) apakah dia telah mampu memahami materi bangun datar dan lingkaran .






1
BAB II
ISI
A.PEMBUATAN ALAT PERAGA
1. Alat Dan Bahan
      Dalam pembuatan alat peraga MONIKA dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut  :
a.    Alat
1.      Curter
2.      Gunting
3.      Penggaris
b.    Bahan
1.      Karton Padi
2.      Karton Putih
3.      Kertas warna atau origami
4.      Double tip
5.      Lem kertas
6.      Dadu
7.      Uang mainan
8.      Gabus
      2. Langkah 
1. Membuat desain gambar sesuai rencana .( 16 kotak dengan sisi sama panjang   
    Masing-masing 8 cm )
2
            2. Memotong karton padi sesuai ukuran yang diinginkan
            3. Memotong kertas warna menjadi bentuk persegi dengan panjang sisi 8 cm
            4. Menempelkan setiap kertas warna di atas karton padi yang sudah digunting.
                Karna di dalam monopoli terdapat kartu kesempatan dan dana umum maka
                Aturan penggunaan kertas warnanya tidak sembarangan .Misal kartu
                Kesempatan berwarna merah dan kartu dana umum berwarna hijau dan
                Kotak yang lain berisi soal-soal terkait bangun datar serta elemen-elemen lain
                misalnya saja Start , Free Parking ,Go To Jail yang diletakkan di setiap sudut
    Bagian monooli matematika
4.      Memotong gabus sama bentuknya dengan MONIKA pada karton padi
5.      Menempelkan MONIKA yang telah jadi tadi di atas gabus dengan menggunakan lem kertas
6.      Memasang list pada setiap kotak .List yang dimaksud adalah pertanyaan serta hadiah yang didapat jika mampu menjawab soal yang tertera pada monika
7.      Finishing , yaitu mengecek kembali apakah monika sudah dapat digunakan atau tidak ,serta penyempurnaan MONIKA




3



c.     Cara Penggunaan Alat Peraga
Aturan Permainan
1.      Sebelum bermain ,setiap anggota mendapat uang dari pihak Bank dengan rincian sebagai berikut :
Rp 100.000           @1 lembar
Rp 50.000              @ 2 lembar
Rp 20.000             @ 5 lembar
Rp 10.000             @ 5 lembar
2.      Permainan dimulai dengan melemparkan dadu .Apabila seorang pemain memperoleh angka dadu tertinggi dari lawannya maka ia berhak memulai permainan duluan.
3.      Setiap pemain wajib mengelilingi satu kali putaran penuh setelah itu baru bisa menjawab soal yang ditanyakan
4.      Pemain harus menjawab pertanyaan tiap kali Pion mendarat di salah satu kolom.Jika pemain bisa menjawab pertanyaan dari Banker , maka pemain berhak membeli atau tidak kolom tersebut.
5.      Jika pemain berhenti di kolom milik pemain lain , maka permainan tersebut mendapat pertanyaan dari pemilik tanah .Bila pemain bisa menjawab pertanyaan maka ia berhak melempar dadu .Namun , apabila ia tidak dapat menjawab maka ia harus membayar sewa tanah secar utuh.
6.      Bagi para pemain yang berhenti pada wilayah penjara, harus membayar denda sebesar RP 50.000
7.      Jika pemain berhenti di kolom kesempatan atau dana umum , pemain wajib mengambil satu buah kartu yang telah tersedia
8.      Permainan akan selesai apabila hanya tersisa satu orang pemain atau pemain yang mempunyai banyak harta.










4
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan :
      Dari alat peraga yang kami buat yaitu monopoli matematika memberidampak positif karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil .

Secara teoritis , monopoli matematika ini menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa pada materi bangun datar dan lingkaran melalui permainan

Secara praktis manfaatnya dapat memperdalam pemahaman siswa dalam materi bangun dan lingkaran dengan memperbanyak soal ,mempermudah  dan menarik minat siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika khususnya materi bangun datar dan lingkaran.

Tak ada gading yang tak retak dan tidak ada  manusia yang sempurna seperti halnya pada pembuatan makalah ini , masih banyak sekali kekurangan .Oleh karenanya kritik dan sarang yang membangun sangat membantu kami untuk lebih baik dan lebih kreatif lagi .
            Semoga bermanfaat ….













5
LAMPIRAN
      Jumat, 21 Januari 2016
                  Berikut adalah dokumentasi yang berisikan foto ,komentar , kritik
      ataupun saran yang membangun saat diadakan bazaar alat peraga pada
      masing-masing kelompok :
1.      Dhiah Masyitoh
Menurut Dhiah Masyitoh , alat peraga yang kami buat keren , bisa memacu semangat siswa , melatih otak cepat berhitung dan sarannya agar kami lebih memperbanyak soal-soal seperti soal problem solving atau bertingkat ada soal yang mudah sedang dan susah
2.      Kori Auga Islamirta
Menurut Kori , alat peraga yang kami buat unik , keren karena melatih ingatan siswa untuk mampu menyelesaikan soal-soal matematika .Sarannya yaitu lebih kreatif lagi dalam pembuatan soal sehingga siswa tertantang untuk menjawab soal.
3.      Wahyu Adi Negara , Feralia ,Shera Anisa
Menurut mereka kami kreatif dalam mengembangkan ide dengan menuangkannya dalam bentuk monopoli .Ternyata  monopoli bukan hanya permaianan biasa semata tapi bisa dikaitkan dengan pelajaran matematika .Sarannya yaitu menambahkan  gambar di setiap kolom akan lebih terlihat menarik
4.      Reno Sutriono
Menurut Reno , ide yang kami gunakan sudah bagus dan banyak dampak positifnya selain seru juga tidak membosankan dengan memberi latihan dengan menuangkannya dalam bentuk permaianan
Sarannya, lebih banyak lagi membuat soal-soal atau daftar pertanyaan
5.      Deri Ayu Pramesti
Menurutnya , alat peraga yang kami buat kreatif , keren , tidak membosankan siswa karena latihan yang diujikan dalam bentuk permainan .Sarannya yaitu lebih banyak lagi memuat soal-soal yang lebih bervariatif
6.      Hanifah dan Nadya Putri
Menurut mereka , kami sudah kreatif membuat alat peraga yang dituangkan dalam bentuk monopoli .Banyak manfaat yang bisa diambil dan mengurangi tingkat kemalasan seorang siswa untuk berpikir .Sarannya yaitu hadiah yang ada pada suatu kolom pertanyaan lebih
menarik jika direalisasikan dalam bentuk nyata misalnya permen atau cokelat



0 komentar:

Posting Komentar