Senin, 02 Mei 2016

2. Game Applet Shooting Ball

3. Game Applet Shooting Ball
    Alhamdulillah ini adalah postingan ketiga saya . Di dalam postingan ini  memuat sebuah game yaitu  Game Applet .Disini saya akan ulas singkat tentang sejarah peluncuran game applet serta bagaiamana cara mengaplikasikannya .
Game applet merupakan  salah satu aplikasi game yang dibuat di oleh salah satu universitas di Belanda  yaitu Utrecth University.Tujuan lahirnya wisweb applet ini yaitu sebagai salah media pembelajaran yang mampu mensugesti siwanya untuk lebih termotivasi dalam belajar
Ternyata game applet ini memiliki peranan penting selain melatih kemampuan seseorang  ternyata juga mampu melahirkan generasi yang berprestasi .Salah satu bukti nyatanya adalah siswa Belanda yang selalu mendapat peringkat atas pada PISA (sebuah program penilaian berskala internasional) (PISA 2002, PISA 2009).
Game applet ini menyediakan berbagai macam materi pembelajaran matematika artinya  game applet memuat banyak game. Salah satu game di dalamnya bernama Shotting Ball yang kami pilih .Mengapa kami memilih game ini ? .Karena kami telah mencobanya dan ternyata kami simpulkan bahwa game ini cocok untuk diterapkan di anak SD kelas V-VI .Mengapa demikian ? karena game applet shooting ball ini menyajikan tampilan yang berhubungan dengan materi sistem koordinat.Dapat disimpulkan bahwa setelah kami memainkan game applet shooting ball   manfaat yang bisa diambil antara lain  meningkatkan  konsentrasi , ketepatan dan kecepatan berpikir seorang .
Nah buat para pembaca yang belum mengetahui dimana dan bagaimana cara menggunakan game ini.Pertama yang harus dilakukan mendownload java pada link berikut https://java.com/download kemudian buka situs http://www.fi.uu.nl/wisweb/applets/mainframe_en.html dan pilih game yang akan dimainkan
 Masuk ke tahap inti, game applet shooting ball ini akan saya jabarkan sebagai berikut :

A.  Game Applet Shooting Ball
Game Shooting Ball pada Java Applet ini disajikan dalam bentuk grafik sistem koordinat dimana system koordinat ini memiliki sumbu y ( height/ bidang vertical ) dan sumbu x ( sebagai bidang horizontal ). Di dalam  grafik sistem koordinat terdapat ruas garis yang masing masing 1 satuan dan terdapat bola yang diletakkan pada titik tertentu .Grafik system koordinatnya hanya menuliskan angka 0 , 5 , dan kelipatan 5  .Bola yang berada di dalam grafik ini tentunya tidak selalu diletakkan pada titik yang telah terbaca misalnya 0 atau 5 , bisa saja diletakkan di angka 7 atau 8 . Sehingga ketelitian dan ketepatan sangat diperlukan agar siswa terlatih untuk lebih teliti dalam memutuskan suatu hal terutama saat akan menjawab sebuah pertanyaan khususnya matematika .
Game ini berisikan 4 level
Level 1 adalah level paling mudah , selanjutnya level 2 , 3 dan 4 mengalami peningkatan tingkat kesulitan yang menuntut siswa untuk lebih berpikir kritis .Selain itu game ini menyediakan ruang untuk bisa dimainkan oleh 2 pemain atau 2 player yakni pada level 4 . Bola yang disediakan khusus yakni warna biru untuk player 1 dan player 2 berwarna merah .Tujuan game ini diciptakan bisa dimainkan oleh dua orang adalah untuk mengkur sejauh mana keaktifan dan kecepatan siswa dalam menembak bola satu kali dengan mengenai banyak bola artinya siswa tertantang untuk menembak banyak bola dengan satu kali tembakan saja .Akhir dari permainan shooting ball ini adalah siswa yang paling cepat menembakkan bola maka dialah pemenangnya . Game ini cocok dimainkan anak kelas 5 atau 6 SD ,karena pada jenjang tersebut mereka dikenalkan materi tentang sistem koordinat . Dengan adanya game shooting ball ini diharapkan siswa menyerap dengan mudah materi yang diberikan serta lebih paham dalam mengerjakan soal tentang sistem koordinat
B.  Screencapture Game Applet Shooting Ball

Disini kami menampilkan screen capture permaianan shooting ball in  Applet Java yang  isinya sebagai berikut :
1. Ilustrasi 1 Pemain 

2. Ilustrasi 2 Pemain


Kesimpulan yang bisa saya ambil yaitu :
Dengan adanya game Applet memudahkan seorang siswa menyerap pelajaran matematika .Selain itu hobby mereka yang pada masanya bermain tersalurkan melalui game java applet ,khususnya shooting ball yang berkaitan dengan sistem koordinat sangat membantu siswa  untuk mengevaluasi seberapa besar tingkat pemahaman , ketelitian dan ketepatannya yang dituangkan dalam bentuk Applet .Jika seorang guru menerapkan game ini untuk mengukur kemampuan siswa artinya guru tersebut telah menciptakan kondisi yang menyenangkan yang tidak menuntut siswa untuk tegang dalam belajar.




3 komentar:

  1. waah keren, game ini bisa mngasah ketelitian dan ketepatan dengan cara yang menyenangkan..sukses ya buat Mardiah.

    BalasHapus
  2. Iya kak nety makasih banyak hehehe kk juga semangat ya

    BalasHapus
  3. Iya kak nety makasih banyak hehehe kk juga semangat ya

    BalasHapus