Sabtu, 30 April 2016

1. Alat Peraga MONIKA Monopoli Matematika

 Alhamdulillah , this is the first project 
       Postingan pertama ini akan membahas sebuah alat peraga manual yang bisa diaplikasikan ke dalam pembelajaran matematika . Tentunya kreatifitas sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah alat peraga sehingga hasilnya akan mampu memotivasi siswa untuk belajar  . 
             Yap , disini kami telah membuat sebuah alat peraga yang kami beri judul “MONIKA” atau Monopoli Matematika .Dimana materi yang kami angkat adalah tentang bangun datar meliputi lingkaran , persegi ,persegi panjang , jajar genjang dan trapesium .

              Alasan kami  meembuat alat peraga ini yaitu karena menurut kami alat peraga yang berbentuk monopoli akan menarik minat siswa belajar , serta mengukur kemampuan siswa(me-review kembali ) apakah dia telah mampu memahami materi bangun datar dan lingkaran .
              Proses pembuatannya sendiri membutuhkan kesabaran serta pengukuran yang pas 
          Berikut adalah penjelasan alat peraga MONIKA dimulai dari alat dan bahan ,proses pembuatan ,dan cara penggunaan alat peraga



A.PEMBUATAN ALAT PERAGA
1. Alat Dan Bahan
      Dalam pembuatan alat peraga MONIKA dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut  :


a.    Alat
1.      Curter
2.      Gunting
3.      Penggaris
b.    Bahan
1.      Karton Padi
2.      Karton Putih
3.      Kertas warna atau origami
4.      Double tip
5.      Lem kertas
6.      Dadu
7.      Uang mainan
8.      Gabus
9.      Pion
c.     Langkah-Langkah Pembuatan
1.    Membuat desain gambar sesuai rencana .( 16 kotak dengan sisi sama panjang    masing-masing 8 cm )
2.      Memotong karton padi sesuai ukuran yang diinginkan
3.      Memotong kertas warna menjadi bentuk persegi dengan panjang sisi 8 cm
4.   Menempelkan setiap kertas warna di atas karton padi yang sudah digunting. Karna di dalam monopoli terdapat kartu kesempatan dan dana umum maka Aturan penggunaan kertas warnanya tidak sembarangan .Misal kartu kesempatan berwarna merah dan kartu dana umum berwarna hijau dan Kotak yang lain berisi soal-soal terkait bangun datar serta elemen-elemen lain misalnya saja Start , Free Parking ,Go To Jail yang diletakkan di setiap sudut bagian monooli matematika
5.      Memotong gabus sama bentuknya dengan MONIKA pada karton padi
6.   Menempelkan MONIKA yang telah jadi tadi di atas gabus dengan menggunakan lem kertas
7.      Memasang list pada setiap kotak .List yang dimaksud adalah pertanyaan serta hadiah yang didapat jika mampu menjawab soal yang tertera pada monika
8.    Finishing , yaitu mengecek kembali apakah monika sudah dapat digunakan atau tidak ,serta penyempurnaan MONIKA.


c.     Cara Penggunaan Alat Peraga
Aturan Permainan

1.      Sebelum bermain ,setiap anggota mendapat uang dari pihak Bank dengan rincian sebagai berikut :
Rp 100.000           @1 lembar
Rp 50.000              @ 2 lembar
Rp 20.000             @ 5 lembar
Rp 10.000             @ 5 lembar
2.      Permainan dimulai dengan melemparkan dadu .Apabila seorang pemain memperoleh angka dadu tertinggi dari lawannya maka ia berhak memulai permainan duluan.
3.      Setiap pemain wajib mengelilingi satu kali putaran penuh setelah itu baru bisa menjawab soal yang ditanyakan
4.      Pemain harus menjawab pertanyaan tiap kali Pion mendarat di salah satu kolom.Jika pemain bisa menjawab pertanyaan dari Banker , maka pemain berhak membeli atau tidak kolom tersebut.
5.      Jika pemain berhenti di kolom milik pemain lain , maka permainan tersebut mendapat pertanyaan dari pemilik tanah .Bila pemain bisa menjawab pertanyaan maka ia berhak melempar dadu .Namun , apabila ia tidak dapat menjawab maka ia harus membayar sewa tanah secar utuh.
6.      Bagi para pemain yang berhenti pada wilayah penjara, harus membayar denda sebesar RP 50.000
7.      Jika pemain berhenti di kolom kesempatan atau dana umum , pemain wajib mengambil satu buah kartu yang telah tersedia
8.      Permainan akan selesai apabila hanya tersisa satu orang pemain atau pemain yang mempunyai banyak harta.
Kesimpulan :
      Dari alat peraga yang kami buat yaitu monopoli matematika memberi dampak positif karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil .

Secara teoritis , monopoli matematika ini menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa pada materi bangun datar dan lingkaran melalui permainan

Secara praktis manfaatnya dapat memperdalam pemahaman siswa dalam materi bangun dan lingkaran dengan memperbanyak soal ,mempermudah  dan menarik minat siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika khususnya materi bangun datar dan lingkaran.

LAMPIRAN

      Jumat, 21 Januari 2016
              Berikut adalah dokumentasi yang berisikan foto ,komentar , kritik
      ataupun saran yang membangun saat diadakan bazaar alat peraga pada
      masing-masing kelompok :

 1.      Dhiah Masyitoh
Menurut Dhiah Masyitoh , alat peraga yang kami buat keren , bisa memacu semangat siswa , melatih otak cepat berhitung dan sarannya agar kami lebih memperbanyak soal-soal seperti soal problem solving atau bertingkat ada soal yang mudah sedang dan susah
.       2.    Kori Auga Islamirta 
Menurut Kori, alat peraga yang kami buat unik , keren karena melatih ingatan siswa untuk mampu menyelesaikan soal-soal matematika .Sarannya yaitu lebih kreatif lagi dalam pembuatan soal sehingga siswa tertantang untuk menjawab soal.
3.      Wahyu Adi Negara , Feralia ,Shera Anisa

Menurut mereka kami kreatif dalam mengembangkan ide dengan menuangkannya dalam bentuk monopoli .Ternyata  monopoli bukan hanya permaianan biasa semata tapi bisa dikaitkan dengan pelajaran matematika .Sarannya yaitu menambahkan  gambar di setiap kolom akan lebih terlihat menarik.
4.      Reno Sutriono

Menurut Reno , ide yang kami gunakan sudah bagus dan banyak dampak positifnya selain seru juga tidak membosankan dengan memberi latihan dengan menuangkannya dalam bentuk permaianan .Sarannya, lebih banyak lagi membuat soal-soal atau daftar pertanyaan
5.      Deri Ayu Pramesti

Menurutnya , alat peraga yang kami buat kreatif , keren , tidak membosankan siswa karena latihan yang diujikan dalam bentuk permainan .Sarannya yaitu lebih banyak lagi memuat soal-soal yang lebih bervariatif.
6.      Hanifah dan Nadya Putri

Menurut mereka , kami sudah kreatif membuat alat peraga yang dituangkan dalam bentuk monopoli .Banyak manfaat yang bisa diambil dan mengurangi tingkat kemalasan seorang siswa untuk berpikir .Sarannya yaitu hadiah yang ada pada suatu kolom pertanyaan lebih
menarik jika direalisasikan dalam bentuk nyata misalnya permen atau cokelat.
LAMPIRAN 
Jumat, 21 Januari 2016

Berikut adalah dokumentasi yang berisikan foto ,komentar , kritik ataupun saran yang membangun dari saya pribadi saat diadakan bazaar alat peraga pada masing-masing kelompok :
1.       Nama Kelompok      :Altisya Dilla ,Kori Auga Islamirta dan Reno
 Nama Alat Peraga    : Pola Bilangan
Menurut saya , alat peraga yang mereka buat sudah termasuk kategori alat peraga yang bagus dan baik karena mampu memberikan contoh nyata kepada siswa .Terlepas dari itu , saya berharap agar kelompok ini memberi contoh-contoh yang berstruktur misalnya ada kategori mudah ,sedang ,dan sulit .Karena hal tersebut bisa menumbuhkan kinerja otak untuk semakin berpikir logis dan kritis.
2.      Nama Kelompok       :Aisyah Tu Ridho ,Dhiah Masyitoh dan Tania
      Nama Alat Peraga     : Papan Statistik
            Menurut saya , alat peraga yang mereka buat sudah tergolong kreatif dan baik .Namun perlu untuk lebih ditingkatkan lagi kreatifitasnya dan juga perlu untuk memuat soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariatif .Bahkan dengan menambahkan  hadiah nyata (misalnya pena ,pensil dsb) mampu memotivasi siswa agar tergerak hatinya untuk ikut dalam suasana belajar.
.      Nama Kelompok       : Arif Miswanto , Bella Timorti dan Intan
    Nama Alat Peraga     : Teorema Pythagoras
Menurut saya ,alat peraga yang mereka buat sudah tergolong baik .Namun perlu ditingkatkan lagi kreatifitasnya untuk menghasilkan alat peraga yang bahkan bisa memiliki nilai jual .Untuk memproduksi alat peraga tersebut kita bisa mengajak siswa kita untuk bersama-sama membuat alat peraga .Selain dapat mereview kembali pelajaran yang telah dijelaskan ,tujuan lain yaitu agar siswa terlatih untuk mengukur secara rapi dan mengeimplementasikannya dalam bentuk nyata .
4.      Nama Kelompok       :Rogayah ,Ridho Ratu Berlian dan Joko
      Nama Alat Peraga     : Roda Bangun Datar


 Menurut saya ,alat peraga yang mereka buat tergolong unik dan kreatif karena alat peraga ini seperti teka-teki atau menebak yang sudah tertuang di dalam alat peraga tersebut. Saran dari saya lebih diperbesar lagi alat peraga yang dibuat agar siswa yang duduk dibelakang bisa melihat dan mungkin bisa ditambah dengan kolom seperti TTS untuk menuliskan jawabannya .

5.      Nama Kelompok       : Annisa Nur Zalena,Khafifa dan Atika Rani
Nama Alat Peraga     : Ular Tangga 3 D
Menurut saya ,alat peraga yang mereka buat tergolong unik dan kreatif karena dalam pembuatannya sendiri memerlukan waktu yang dibilang cukup lama serta diperlukan kesabaran heheh …Bentuk soal yang mereka tuangkan pun sudah memiliki kategori tingkatan mudah , sedang dan susah .Saran dari saya , mungkin gambarnya bisa diperbesar lagi sehingga bisa terlihat oleh siswa yang duduk dibelakang.
6.      Nama Kelompok       : Hanifah Zulfitri ,Lara Mayangsari,Suci
Nama Alat Peraga     : Papan Trigonometri atau Triangles
Menurut saya ,alat peraga yang mereka buat tergolong baik dan kreatif karena pada dasarnya materi trigonometri adalah materi yang jarang dipahami dengan baik sehingga saat diberi soal mereka bingung bahkan tidak mampu menyelesaikannya dengan baik .Karena itu alat peraga yang mereka buat sangat membantu sekali bahkan mampu meningkatkan pemahaman siswa khususnya trigonometri .Sarannya mungkin mistarnya bisa ditambah lagi di sebelah kiri.
7.      Nama Kelompok       : Deri Ayu Pramesti ,Sri Febriani dan Wahyu
Nama Alat Peraga     ; Papan Bilangan
Menurut saya , alat peraga yang mereka buat sudah tergolong kreatif dan baik .Namun perlu untuk lebih ditingkatkan lagi kreatifitasnya dan juga perlu untuk memuat soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariatif .Misalnya memuat angka ratusan bahkan ribuan agar siswa lebih tertantang dalam mengejarkan soal-soal yang diberikan .

8.      Nama Kelompok       : Devi Kumala, Resty Indah dan Yulianita 
Nama Alat Peraga     : Mading Persamaan Linier

Menurut saya , alat peraga yang mereka buat sudah tergolong kreatif dan baik .Namun perlu untuk lebih ditingkatkan lagi kreatifitasnya dan juga perlu untuk memuat soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariatif .Misalnya memuat angka yang tidak sama pada setiap kolom yang disajikan .Selain itu penulisannya akan lebih terlihat menarik jika menggunakan angka yang dibuat seperti bentuk 3 D sehingga hasilnya lebih terlihat rapi.
9.      Nama Kelompok         : Nety Wahyu Saputri ,Novi Sariani,Rahma
Nama Alat Peraga       : BAPER Batang Perkalian

Menurut saya , alat peraga yang mereka buat tergolong kreatif  dan rapi dalam pengerjaan .Materi yang mereka angkat pun mengenai perkalian yang  bertujuan memudahkan siswa untuk menghitung secara cepat dan tepat .Saran dari saya ,mungkin angka yang dimuat diperbesar lagi agar bisa dilihat oleh siswa yang duduk di belakang.


10.  Nama Kelompok         : Feralia , Shera  ,Ira Marion,Nadya 
Nama Alat                   : DAKONMATIKA

Menurut saya , alat peraga yang mereka buat tergolong baik dan kreatif  .Selain rapi dalam pembuatan alat peraga ,angka yang dimuat pun sudah memuat standarisasi artinya bisa dilihat oleh siswa yang duduk dibelakang.Saran dari saya ,mungkin papannya bisa divariasikan lagi dengan menggunakan warna lain namun warna yang dipilih jangan sama gelapnya dengan warna hitam .Misalnya saja karton padi tersebut dialasi lagi dengan karton putih kemudian barulah memuat angka yang ditulis rapi dengan spidol .

11.  Nama Kelompok         : Novi Suryani ,Amy Arimbi dan Fitriyah
Nama Alat Peraga       : Domino Matematika


Menurut saya , alat peraga yang mereka buat tergolong kreatif  . Saran dari saya lebih diperbesar lagi alat peraga yang dibuat dan akan lebih baik jika dominonya bisa ditempelkan pada suatu papan sehingga dalam proses permaninnya bisa dilihat oleh siswa yang duduk di belakang .
Dari hasil pengamatan yang saya lakukan pada setiap kelompok saya menyukai alat peraga karya Kelompok Annisa Nur Zalena dkk .Karena dalam pembuatannya mereka rapi ,kreatif serta soal yang diberikan pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda atau bertingkat dari mudah ke sulit.

Terima kasih semoga bermanfaat :)

















5 komentar:

  1. tampilan blog nya menarik pemilihan alat peraga yang digunakan juga bagus, kita bisa belajar sambil bermain disini, good job untuk kelompok mardiah

    BalasHapus
  2. isi dari blog alat peraganya bagus dan lengkap .. serta alat peraga yang dibuat menarik dan menyenangkan .. semangat terus maridah ^_^

    BalasHapus
  3. Iya trimakasih novi hehe
    Novi juga semangat yaa

    BalasHapus
  4. Maaf mau tanya, untuk alat peraga papan statistik apakah ada teori menurut ahli, jika iya, mohon bantuannya untuk share dan jika ad bukunya juga mohon bantuan untuk share, karena lagi butuh untuk membuat proposal

    BalasHapus